ALBUMKU

Senin, 13 Februari 2012

PELANGI SAVATSA

Tak lama setelah hujan reda kami  keluar ruang kerja yang terletak dilantai 2 gedung SMPN 141 Jakarta untuk melihat keadaan diluar sekaligus berniat sholat berjamaah di Masjid , Subhanallah sepontan ucapan itu keluar dari mulutku untuk memuji kekuasaan Allah SWT tat kala dilangit tepat kami memandang terlihat sebuah keindahan yang berbentuk busur lingkaran yang berwarna-warni itulah pelangi.
Pelangi tidak lain adalah busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca. Jadi di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air

Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari dibekalang orang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman