Nama Sekolah : SMP
Negeri 141 Jakarta
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi :4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta
ukurannya.
Kompetensi Dasar :4.1. Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran( 2 x 40 menit).
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur dan
bagian-bagian lingkaran ( pusat lingkaran, jari-jari,
diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema dengan rasa
percaya diri
2.
Peserta didik dapat menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran
dari gambar secara terampil, teliti dan percaya diri.
3.
Peserta didik dapat melukiskan daerah
tembereng dan juring dari gambar
secara percaya diri, teliti dan terampil.
B. Materi Ajar
Lingkaran
-
Unsur-unsur
dan bagian-bagian lingkaran.
C. Metode
Pembelajaran
Tanya jawab, Power point, diskusi, dan pemberian
tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
-
Memotivasi: peserta didik memahami pentingnya mempelajari materi ini karena banyak
manfaat dan kontribusinya dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti Pertemuan Pertama:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
Ø Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian tugas menyebutkan benda-benda yang berbentuk lingkaran yang ada
disekitar lingkungan sekolah/rumah.
Ø Peserta didik diberikan tugas secara
berkelompok untuk mencari benda berbentuk lingkaran dan mengamati dengan teliti dan tekun benda yang didapat sehingga dapat membedakan bagian yang jadi
topik pembicaraan.
Ø Peserta didik diberikan tugas mengamati dengan teliti dan tekun benda
berbentuk lingkaran yang dibawa dan menyebutkan unsur-unsur dari lingkaran yang
dia temukan dengan penuh percaya diri.
§ Elaborasi
Ø Peserta didik mengkomunikasikan dalam
kelompok dan mempresentasikan hasil pengamatannya
dengan percaya diri dan menghormati pendapat orang lain.
Ø Guru memberikan penguatan dari
penemuan peserta didik serta bekerja sama membahas materi
pembelajaran.
Ø Peserta didik mengerjakan
beberapa soal latihan dengan teliti,
tekun dan tanggungjawab.
Ø Guru memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
§ Konfirmasi
Ø Memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan atau kuis untuk mengukur penguasaan konsep.
Kegiatan Akhir
Ø Bersama-sama dengan peserta didik
membuat rangkuman atau simpulan materi pelajaran.
Ø Melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
Ø Merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran berikutnya
Ø Peserta didik diberikan pekerjaan
rumah (PR)
Kegiatan Inti Pertemuan Kedua:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
Ø Peserta didik diberikan stimulus untuk
mengingat materi pembelajaran sebelumnya
Ø Peserta didik diberikan tugas melukis
lingkaran dan unsur-unsurnya dengan teliti dan tanggungjawab.
§ Elaborasi
Ø Peserta didik mengkomunikasikan hasilnya
dengan teman penuh percaya diri dan menghormati pendapat orang lain.
Ø Guru memberikan penguatan dari hasil
kerja peserta didik serta bekerja sama membahas materi
pembelajaran.
Ø Peserta didik mengerjakan
beberapa soal latihan dengan teliti,
tekun dan tanggungjawab.
Ø Guru memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
§ Konfirmasi
Ø Memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan atau kuis untuk mengukur penguasaan konsep.
Kegiatan Akhir
Ø Bersama-sama dengan peserta didik
membuat rangkuman atau simpulan materi pelajaran.
Ø Melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
Ø Merencanakan kegiatan tindak
lanjut untuk pembelajaran berikutnya
Ø Peserta didik diberikan pekerjaan
rumah (PR)
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku
bse
- Benda
bentuk lingkaran
- Buku
referensi lain
- Internet
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
LKS
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||||||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|||||||||||||
·
Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran :
pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, talibusur, juring dan tembereng.
·
Menentukan unsur dan bagian-bagian
lingkaran dari gambar secara terampil,
teliti dan percaya diri.
·
Menggambarkan daerah tembereng dan
juring dari sebuah gambar secara percaya
diri, teliti dan terampil.
|
Tes lisan
Tertulis
Tertulis
|
Kuiz
Esay
Esay
|
1. Sebutkan lima buah unsur-unsur lingkaran
2.
disebut apakah ruas garis ?
Dari gambar diatas
tunjukkan dengan arsiran daerah:
a. Juring
b. Tembereng
|
Mengetahui,
Kepala SMP
Negeri 141 Jakarta
Drs.H.Helmy, MM.
NIP. 195804091979031007
|
|
Jakarta, 9
Januari 2012
Guru Mapel Matematika.
Karsid, S.Pd
NIP :196801171992031006
|
Nama Sekolah : SMP
Negeri 141 Jakarta
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi :
4.
Menentukan
unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar : 4.2. Menghitung keliling dan luas
lingkaran.
Menemukan
nilai pendekatan untuk π (phi)
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran .
A. Tujuan
Pembelajaran
-. Peserta didik dapat
menemukan nilai pendekatan
nilai π (Phi)
B. Materi Ajar.
- Menentukan nilai Phi ().
C. Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab, diskusi, dan
pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengingatkan materi
pembelajaran sebelumnya dengan tanya jawab.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
F Peserta didik diberikan stimulus tentang
arti sebuah keliling bangun datar.
F Peserta didik ditugaskan bekerjasama mengukur panjang keliling dan
diameter secara teliti dari bangun bentuk
lingkaran yang dibawa secara kelompok.
F Guru memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Guru memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
F Peserta didik membandingkan hasil
pengukuran antara keliling dan diameter dan mempresentasikan hasilnya dengan
tanggungjawab dan penuh percaya diri.
F Peserta didik secara kelompok membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan secara tertulis dengan tanggungjawab.
F Peserta didik bersama-sama guru
menyimpulkan nilai pendekatan untuk
perbandingan antara keliling dan diameter berdasarkan hasil pengukuran
peserta didik.
F Bersama peserta didik menentukan
nilai pendekatan π.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F Peserta didik diberikan pekerjaan
rumah (PR) dan tugas individu/kelompok
mempersiapkan bahan/alat untuk kegiatan berikutnya.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku
paket bse
- Buku referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
Benda bentuk lingkaran , tali dan gunting
F. Penilaian Hasil Belajar .
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
·
Menemukan nilai phi
|
Unjuk kerja
|
Tes uji petik kerja
|
·
Ukurlah keliling (K)diameter benda –benda berbentuk lingkaran
·
Berapakah nilai
|
Mengetahui,
Kepala SMP
Negeri 141 Jakarta
Drs.H.Helmy, MM
NIP. 195804091979031007
|
|
Jakarta, 9
Januari 2012
Guru Mapel Matematika.
(Karsid, S.Pd )
NIP : 196801171992031006
|
Nama Sekolah : SMP
Negeri 141 Jakarta
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi :
4.
Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar : 4.2.Menghitung keliling dan luas
lingkaran
- Menemukan rumus keliling dan
luas lingkaran
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran .
A. Tujuan
Pembelajaran
- Peserta didik dapat menemukan rumus Keliling lingkaran dengan tekun, terampil, percaya diri dan
kerjasama.
- Peserta didik dapat menemukan rumus Luas lingkaran
dengan tekun, terampil, percaya diri dan
kerjasama.
B. Materi Ajar.
- Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran.
C. Metode
Pembelajaran.
- Diskusi,
tanya
jawab, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengingatkan materi peembelajaran tentang pendekatan
nilai π
- Memotivasi peserta didik dengan mempelajari materi ini akan menanamkan konsep
sebagai dasar untuk mempelajari materi berikutnya.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
F Peserta didik diberikan stimulus tentang
mengubah formula dengan menggunakan bilangan dan variabel.
F Peserta didik ditugaskan mengubah
formula dan mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikannya.
F Peserta didik ditugaskan
menggambar lingkaran dan membagi menjadi juring-juring yang sama kemudian
menyusunnya sehingga menyerupai persegipanjang.
F Guru memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru memfasilitasi peserta didik
menemukan rumus keliling lingkaran.
F Peserta didik unjuk kerja mengerjakan tugas yang diberikan.
F Guru memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan secaravkelompok.
F Guru memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran menemukan rumus luas lingkaran dengan power point.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup:
F Guru bersama-sama dengan peserta
didik sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
F Guru melakukan penilaian atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F Peserta didik diberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
E. Alat dan
Sumber Belajar.
Sumber :
- Buku paket bse.
- Buku referensi lain.
- Internet
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
Karton dua warna, gunting, lem
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menemukan rumus keliling lingkaran
· Menemukan rumus luas lingkaran
|
Unjuk kerja
|
Tes uji petik kerja
|
· Ubahlah formula perbandingan
antara keliling dan diameter menjadi bentuk lain
· Gambarlah sebuah lingkaran
berjari-jari 10 cm menjadi 16 juring yang sama potong tiap juring dan susun
sehingga menyerupai persegipanjang.
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 141 Jakarta
Drs.H.Helmy, MM
NIP. 195804091979031007
|
|
Jakarta, 9 Januari
2012
Guru Mapel
Matematika.
( Karsid, S.Pd )
NIP :196801171992031006
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar