ALBUMKU

Rabu, 25 Januari 2012

RPP Matematika Kelas VIII Berkarakter

                                             Nama Sekolah          :     SMP Negeri 141 Jakarta
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VIII (Delapan)
                                             Semester                   :     2 (Dua)


Standar Kompetensi    :4.    Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar                     :4.1. Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran.
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran( 2 x 40 menit).

A.     Tujuan Pembelajaran
1.         Peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran  ( pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema dengan rasa percaya diri
2.         Peserta didik dapat menentukan unsur dan bagian-bagian  lingkaran  dari gambar  secara terampil, teliti dan percaya diri.
3.         Peserta didik dapat melukiskan daerah  tembereng dan juring  dari gambar secara percaya diri, teliti dan terampil.

B.      Materi Ajar
         Lingkaran
-          Unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran.

C.     Metode Pembelajaran
         Tanya jawab, Power point, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
         Pendahuluan   :      -     Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-          Memotivasi: peserta didik memahami pentingnya mempelajari materi ini karena banyak manfaat dan kontribusinya dalam kehidupan sehari-hari.

         Kegiatan Inti Pertemuan Pertama:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
Ø  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian tugas menyebutkan benda-benda yang berbentuk lingkaran yang ada disekitar lingkungan sekolah/rumah.
Ø  Peserta didik diberikan tugas secara berkelompok untuk mencari benda berbentuk lingkaran dan mengamati dengan teliti dan tekun benda yang didapat sehingga dapat membedakan bagian yang jadi topik pembicaraan.        
Ø  Peserta didik diberikan tugas  mengamati dengan teliti dan tekun benda berbentuk lingkaran yang dibawa dan menyebutkan unsur-unsur dari lingkaran yang dia temukan dengan penuh percaya diri.

§ Elaborasi
Ø  Peserta didik mengkomunikasikan dalam kelompok  dan mempresentasikan hasil pengamatannya dengan percaya diri dan menghormati pendapat orang lain.
Ø  Guru memberikan penguatan dari penemuan peserta didik serta  bekerja sama membahas materi pembelajaran.
Ø  Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dengan teliti, tekun dan tanggungjawab.
Ø  Guru memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.

§ Konfirmasi
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan atau kuis untuk mengukur penguasaan konsep.

      Kegiatan Akhir
Ø  Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman atau simpulan  materi pelajaran.
Ø  Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran berikutnya
Ø  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)

Kegiatan Inti Pertemuan Kedua:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
Ø  Peserta didik diberikan stimulus untuk mengingat materi pembelajaran sebelumnya
Ø  Peserta didik diberikan tugas melukis lingkaran dan unsur-unsurnya dengan teliti dan tanggungjawab.        

§ Elaborasi
Ø  Peserta didik mengkomunikasikan hasilnya dengan teman penuh percaya diri dan menghormati pendapat orang lain.
Ø  Guru memberikan penguatan dari hasil kerja peserta didik serta  bekerja sama membahas materi pembelajaran.
Ø  Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dengan teliti, tekun dan tanggungjawab.
Ø  Guru memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.

§ Konfirmasi
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan atau kuis untuk mengukur penguasaan konsep.

      Kegiatan Akhir
Ø  Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman atau simpulan  materi pelajaran.
Ø  Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut untuk pembelajaran berikutnya
Ø  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)

E.    Alat dan Sumber Belajar
Sumber :         
-      Buku bse
-      Benda bentuk lingkaran
-      Buku referensi lain
-      Internet
Alat :
-            Laptop
-            LCD
-            LKS








F.    Penilaian Hasil Belajar          
      
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, talibusur, juring dan tembereng.
·         Menentukan unsur dan bagian-bagian  lingkaran  dari gambar  secara terampil, teliti dan percaya diri.

·         Menggambarkan daerah  tembereng dan juring  dari sebuah gambar  secara percaya diri, teliti dan terampil.


Tes lisan





Tertulis




Tertulis
Kuiz





Esay




Esay
1.  Sebutkan lima buah unsur-unsur lingkaran



 


2.

             
disebut apakah ruas garis ?


 

O
 
B
 
A
 
3.





Dari gambar diatas tunjukkan dengan arsiran daerah:
a. Juring
b. Tembereng

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 141 Jakarta



Drs.H.Helmy, MM.
NIP. 195804091979031007

Jakarta,     9 Januari  2012
Guru Mapel Matematika.



Karsid, S.Pd
NIP :196801171992031006


















                                             Nama Sekolah          :     SMP Negeri 141 Jakarta
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VIII (Delapan)
                                             Semester                   :     2 (Dua)


Standar Kompetensi   : 4.   Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar               : 4.2.       Menghitung keliling dan luas lingkaran.
                                             Menemukan nilai pendekatan untuk π (phi)
Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran .

A.     Tujuan Pembelajaran
         -.    Peserta didik dapat menemukan nilai pendekatan nilai π (Phi)

B.      Materi Ajar.     
         -     Menentukan nilai Phi  ().

C.     Metode Pembelajaran
          -    Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
         Pendahuluan         :     - Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengingatkan materi pembelajaran sebelumnya dengan tanya jawab.
                                          -     Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
         Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
F  Peserta didik diberikan stimulus tentang arti sebuah keliling bangun datar.        
F  Peserta didik ditugaskan bekerjasama mengukur panjang keliling dan diameter secara teliti dari bangun bentuk lingkaran yang dibawa secara kelompok.
F  Guru memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
F  Peserta didik membandingkan hasil pengukuran antara keliling dan diameter dan mempresentasikan hasilnya dengan tanggungjawab dan penuh percaya diri.
F  Peserta didik secara kelompok membuat laporan eksplorasi yang dilakukan secara tertulis dengan tanggungjawab.
F  Peserta didik bersama-sama guru menyimpulkan nilai pendekatan untuk  perbandingan antara keliling dan diameter berdasarkan hasil pengukuran peserta didik.
F  Bersama peserta didik menentukan nilai pendekatan π.


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dan tugas individu/kelompok  mempersiapkan bahan/alat untuk kegiatan berikutnya.

E.      Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-        Buku paket bse
-        Buku referensi lain.
Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                Benda bentuk lingkaran , tali dan gunting

               F.      Penilaian Hasil Belajar .          
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menemukan nilai phi

Unjuk kerja

Tes uji petik kerja

·         Ukurlah keliling (K)diameter  benda –benda berbentuk lingkaran
·         Berapakah nilai


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 141 Jakarta



Drs.H.Helmy, MM
NIP. 195804091979031007

Jakarta,     9 Januari 2012
Guru Mapel Matematika.



(Karsid, S.Pd )
NIP : 196801171992031006
                                            













                                             Nama Sekolah          :     SMP Negeri 141 Jakarta
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VIII (Delapan)
                                             Semester                   :     2 (Dua)


Standar Kompetensi   : 4.    Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar               : 4.2.Menghitung keliling dan luas lingkaran
                                             - Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran .

A.     Tujuan Pembelajaran
         -     Peserta didik dapat menemukan rumus Keliling lingkaran dengan tekun, terampil, percaya diri dan kerjasama.                 
         -     Peserta didik dapat menemukan rumus Luas lingkaran dengan tekun, terampil, percaya diri dan kerjasama.                                   

B.      Materi Ajar.     
               -        Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran.

C.     Metode Pembelajaran.
         -     Diskusi, tanya jawab,  dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
         Pendahuluan         :  -     Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengingatkan materi peembelajaran tentang pendekatan nilai π
                                       -  Memotivasi peserta didik dengan mempelajari  materi ini akan menanamkan konsep sebagai dasar untuk mempelajari materi berikutnya.
         Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
F  Peserta didik diberikan stimulus tentang mengubah formula dengan menggunakan bilangan dan variabel.        
F  Peserta didik ditugaskan mengubah formula   dan mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikannya.
F  Peserta didik ditugaskan menggambar lingkaran dan membagi menjadi juring-juring yang sama kemudian menyusunnya sehingga menyerupai persegipanjang.
F  Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru memfasilitasi peserta didik menemukan rumus keliling lingkaran.          
F  Peserta didik  unjuk kerja mengerjakan tugas yang diberikan.
F  Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan secaravkelompok.
F  Guru memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran menemukan rumus luas lingkaran dengan power point.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup:
F  Guru bersama-sama dengan peserta didik  sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  Guru melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  Peserta didik diberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

E.      Alat dan Sumber Belajar.
Sumber :      
-       Buku paket bse.
-       Buku referensi lain.
-       Internet
Alat :
-               Laptop
-               LCD
-               Karton dua warna, gunting, lem

F.      Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menemukan rumus keliling lingkaran
·   Menemukan rumus luas lingkaran
Unjuk kerja

Tes uji petik kerja
·   Ubahlah formula perbandingan antara keliling dan diameter menjadi bentuk lain
·   Gambarlah sebuah lingkaran berjari-jari 10 cm menjadi 16 juring yang sama potong tiap juring dan susun sehingga menyerupai persegipanjang.   
              
                                            

            Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 141 Jakarta



Drs.H.Helmy, MM
NIP. 195804091979031007

Jakarta,     9 Januari 2012
Guru Mapel Matematika.



( Karsid, S.Pd )
NIP :196801171992031006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman